China Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Manusia, Ini Hasilnya

China telah melakukan ujicoba dua buah vaksin yang mereka buat untuk menjadi pencegah persebaran virus corona. Dalam laporan Xinhua selasa (14/4), disebutkan bahwa proses ujicoba tersebut dilakukan pada manusia .

Vaksin yang diujicoba tersebut adalah vaksin yang dikembangkan oleh unit Sinovac Biotech yang sudah terdaftar di Nasdaq dan memiliki basis di Beijing, serta Wuhan Institute of Biological Products, afiliasi Grup Farmasi Nasional China kepunyaan pemerintah.

Maret yang lalu, China mendapatkan lampu hijau uji klinis lainnya untuk calon vaksin virus corona, yang dikembangkan oleh Akademi Ilmu Kedokteran Militer China dan juga perusahaan bioteknologi yang terdaftar di Hongkong CansSino Bio.

Perusahaan obat-obatan Amerika Serikat Moderna menyebutkan bahwa pihaknya bersama Institu Kesehatan Nasional AS mulai melakukan uji vaksin mereka untuk manusia.

Sementara itu, dari Indonesia, Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset serta Inovasi Nasional melalui sebuah konsorsium COVID-19 sebagai salah satu tim yang akan berfokus untuk mengembangkan sebuah vaksin untuk virus corona dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Kemristek juga membuka kemungkinan adanya kerjasama dari pihak luar negeri yang juga ingin atau tengah mengembangkan vaksin untuk COVID-10 dalam rangka mempercpat pengembangan vaksin yang mereka buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.