Investasi Peer to Peer Sangat Cocok untuk Anak Muda

Salah satu sistem investasi yang muncul dan menjadi pilihan alternatif sekarang adalah investasi fintech P2P lending. Munculnya sistem investasi ini bukan tanpa didasari oleh suatu alasan, akan tetapi memang karena adanya manfaat yang terdapat dalam investasi ini. Baik untuk pihak peminjam maupun untuk pihak yang memberikan pinjaman.

Alasan Anak Muda Harus Memulai Investasi

  1. Adanya Pengembalian yang Tinggi

Apabila melakukan investasi dengan sistem P2P, maka suku bunga rata-rata yang akan Anda dapatkan yaitu mulai dari 15% pada setiap tahunnya. Dengan demikian, anda akan mendapatkan penghasilan tambahan yang signifikan.

  1. Risiko yang Rendah

Meskipun sebagai pemula, Anda pasti memahami apa itu risiko dan apa itu return. Dengan kata lain, apabila Anda ingin memperoleh hasil yang lebih tinggi, maka Anda juga harus berani mengambil risiko yang tinggi pula.

Dengan sistem investasi P2P ini tentu memiliki kemungkinan risiko yang rendah serta terdapat juga risiko yang ada apabila terjadi default, yaitu pihak peminjam tidak dapat membayar lunas pinjamannya. Akan tetapi dalam sistem P2P ini terdapat petugas yang memastikan bahwa default tidak terjadi. Sehingga dikatakan bahwa cara investasi sistem P2P merupakan suatu cara yang terbaik.

  1. Pengembalian pada Setiap Bulan

Berbeda dengan sistem investasi ekonomi inklusif lainnya, yang mana bunga akan dibayarkan dalam waktu tiga bulan, enam bulan, atau bahkan lebih. Maka dengan sistem P2P ini Anda bisa menarik bunga anda pada setiap bulannya.

Dalam hal ini dikarenakan pihak peminjam membayar pinjamannya pada setiap bulan termasuk dengan bunga sesuai dengan kesepakatan awal. Sehingga keuntungan yang anda peroleh akan secara teratur masuk ke dalam rekening Anda.

  1. Kepemilikan Fleksibel

Dengan sistem P2P lending, tidak terdapat komitmen dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena Anda bisa memberikan pinjaman hanya di bulan-bulan tertentu, selama beberapa bulan, atau dalam beberapa tahun.

Sehingga Anda bisa menyebarkan investasi dengan berbagai jangka waktu seperti 6 bulan, 1 tahun, atau bahkan 2 tahun lebih. Karena apabila Anda membutuhkan uang Anda, maka dapat diambil kapanpun sesuai kebutuhan.

  1. Diversifikasi

Seperti apa yang telah Anda pahami bahwa diversifikasi merupakan hal yang penting untuk dapat mengurangi risiko portofolio serta untuk dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dalam sistem investasi P2P ini menawarkan berbagai pilihan diversifikasi yang baik. Yang mana instrumen pendapatan yang tetap.

Pendanaan dengan P2P Lending

Perkembangan sistem investasi P2P lending tentu akan mengalami pertumbuhan yang pesat apabila dimanfaatkan dalam kepentingan perekonomian nasional yang diharapakan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Sehingga dengan berkembangnya sistem P2P ini dapat memberikan banyak manfaat untuk tingkat inklusi keuangan nasional yang rendah. Inklusi keuangan yang dibicarakan juga memiliki berbagai manfaat cukup besar dalam perekonomian.

Saat ini sistem P2P dijalankan oleh masyarak/at untuk menjadi bagian yang dapat mendorong perekonomian Indonesia. Para pelaku UMKM yang dapat menikmati pinjaman dari pihak konvensional, saat ini juga sudah banyak yang mengajukan pinjaman ke pihak investasi sistem P2P.

Hal demikian tentu menjadi sesuatu yang berbeda. Apabila Anda biasanya mengajukan pinjaman ke pihak perbankan, maka dengan sangat mudah Anda bisa mengajukan pinjaman di P2P. Untuk persyaratan yang perlu dipersiapkan juga sederhana yaitu Anda cukup memiliki NPWP perusahaan atau pribadi, mempunyai rekening bank serta mempunyai data legalitas usaha.

Sehingga dengan memilih investasi P2P, secara tidak langsung, Anda membantu para pelaku UMKM. Sehingga perputaran uang juga akan tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.