Keren, Inilah Fakta Sungai Kalimalang Bekasi yang Akan Seindah Korea

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuat sebuah perencanaan yang menarik terkait sungai Kalimalang yang ada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dimana sungai tersebut direncanakan akan dibuat dan dibangun layaknya sungai yang ada di negara Korea.

Warga Bekasi tentu sudah mengetahui mengenai apa itu Sungai Kalimalang. Dimana oleh Ridwan Kamil, sungai tersebut akan disulap layaknya Sungai Cheonggyecheon yang ada di Korea. Sehubungan dengan hal ini, mengutip dari detiktravel, berikut sejumlah fakta menarik dari sungai tersebut :

1. Asal Muasal Nama

Nama Kalimalang sendiri diambil berdasarkan bentuk sungai ini sendiri yang tidak mengalirkan airnya dari hulu menuju hilir pada umumnya sungai. Namun berbentuk malang atua melintang mulai dari Cirata, Kali Belasi hingga ke Kali Cakung. Sebelumnya banyak warga menyebutkan kali ini sebagai Kali yang Malang dan muncullah penamaan Kalimalang.

2. Pembuatannya Manual

Berdasarkan keterangan dari Andi Sopandi yang merupakan seorang budayawan Bekasi, pembuatan sungai Kalimalang adalah dengan cara manual yakni sekitar tahun 1960-an secara gotong royong untuk menjadi sumber air. Dimana ide pembuatannya tersebut tercetuskan sejak zaman Soekarno.

3. Saksi Peradaban Tertua Jawa

Lokasi Kalimalang sendiri telah dipercaya sebagai salah satu pusat peradaban tertua yang ada di pulau Jawa. Dimana hal ini dikaitkan dengan sebuah kerajaan bernama Taruma Negara yang ditemukan ada di Bekasi. Dimana kerajaan ini sendiri merupakan kerajaan tertua di Jawa yang adanya di daerah Babelan, Batujaya yang ada di Kabupaten Bekasi.

Informasi ini sendiri semakin kuat dengan adanya prasasti yang menyebutkan bahwa di lokasi penggalian Sungai Chandrabaga atau Bhagasasi yang kemudian menjadi awal nama Bekasi.

4. Panjang 70 Kilometer

Pada awal dibangun, sungai Kalimalang adalah sungai yang menjadi irigasi untuk menyalurkan air ke lahan pertanian warga. Hal ini terjadi pada tahun 1970-an. Dimana persentasenya adalah 70 persen untuk pertanian dan sisanya untuk air minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.