Pelaku Wisata di Bali Banting Setir Gara-gara Virus Corona

Mewabahnya virus Covid-19 menghantam banyak sektor yang ada di masyarakat. Bali yang dikenal dengan sektor pariwisata pun mendapatkan masalah yang signifikan, setidaknya bisnis pariwisata turun hingga 95 persen. Hal ini membuat banyak pelaku wisata di Bali menjadi gigit jari.

Tidak sedikit dari mereka yang harus di PHK dari tempat mereka bekerja. Beberapa dari mereka kemudian putar dan beralih profesi untuk melakukan pekerjaan lain demi menyambung hidup mereka. Sebut saja seperti yang diunggah di laman grup Facebook seputar Bali pada beberapa waktu belakangan.

Dalam unggahan tersebut, ditampilkan bahwa beberapa pelaku wisata daerah setempat yang mencoba peruntungan di usaha lain. Salah satunya adalah Gek Nenik, seorang pemilik spa yang mencari pemasukan melalui jualan makanan ringan.

“Owner spa banting stir jadi dagang kripik ayam dan usus ayam gurih homemade,” unggah Gek Nanik.

Cerita lain adalah tentang seorang supervisor butler pada sebuah villa termahal yang ada di Bali. Dimana demi mendapatkan uang dan menyambung kehidupan mereka pun mengesampikan gensi mereka dan beralih profesi sebagai sopir bahan bangunan.

Kemudian ada pula yang menjadi pedagang masker, handsanitizer dan lainnya. Hal ini tak lain adalah karena memang dua barang tersebut saat ini tengah langka.

Semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu, agar pariwisata yang ada di Bali bisa menggeliat kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.