Perbedaan Batuk Darah dan Muntah Darah

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara batuk darah dan juga muntah darah, terlebih dahulu saya sampaikan mengenai aplikasi kesehatan yang wajib anda install di smartphone anda yakni SehatQ.com. Pasalnya aplikasi ini bisa kita jadikan referensi, pedoman dan sekaligus asisten kesehatan kita.

Muntah DarahDi dalam aplikasi tersebut nantinya anda akan menemukan beragam fitur menarik. Seperti artikel kesehatan yang ada di direktori penyakit dan obat yang ditulis oleh sejumlah editor dan kemudian direview kembali oleh tim dokter yang berpengalaman sehingga informasi yang diberikan valid dan dapat dijadikan referensi asli. Selain itu juga fitur lain yang tak kalah menarik adalah informasi mengenai jadwal dan lokasi rumah sakit, klinik dan juga faskes lainnya, dan fitur real time chat dengan dokter umum dan juga spesialis. Bisa disebut bahwa aplikasi ini adalah untuk membuat kita sehat dengan mudah.

Adapun sehubungan dengan perbedaan antara batuk darah dan muntah darah hal yang harus kamu sadar adalah jangan panik. Meski memang keluarnya darah melalui mulut itu sendiri adalah hal yang perlu dikhawatirkan, terutama masalah kesehatan kita.  Apalagi jika memang volume darah yang keluar itu sendiri jumlahnya sangat banyak.

Akan tetapi, anda juga harus tahu perbedaan mendasar apakah memang darah yang keluar itu sendiri adalah ketika kita batuk atau justru muntah. Meski memang pada dasarnya terlihat sama, namun mekanisme dari batuk dan muntah itu sendiri berbeda. Lalu, bagaimanakah cara membedakan keduanya? Berikut uraiannya :

Secara arti, antara batuk darah dan muntah darah itu sendiri berbeda berdasarkan darimana darah itu keluar atau sumber darah. Dimulai dari batuk darah atau yang dalam bahasa kesehatan disebut dengan hemoptisis yang artinya darah keluar dari saluran pernafasan. Dimana hal ini menunjukkan adanya iritasi atau dalam bahasa sederhananya luka yang terjadi pada saluran pernafasan. Dimana infeksi saluran pernafasan yang bisa berujung pada batuk darah seperti pneumonia, bronkitis dan juga tuberkolosis.

Adapun muntah darah yang dalam bahasa kesehatannya disebut dengan hematemesis merupakan keluarnya darah itu berasal dari saluran pencernaan bagian atas sebut saja misalnya esofagus atau kerongkongan, usus dua belas jari, dan juga bisa terjadi di pankreas.

Mengutip dari keterangan Cleveland Clinic disebutkan bahwa kondisi yang penyebab muntah darah sebagian besar karena gangguan pencernaan yang serius dan harus mendapatkan penanganan medis dengan segera. Pada umumnya penyebab dari muntah darah sendiri adalah iritasi atau juga pembengkakan yang terjadi di daerah esofagus, kemudian terjadi peradangan di lambung, atau gastritis dan juga akhirnya adalah kerusakan fungsi hati.

Ciri-Ciri 

Perbedaan sumber keluarnya darah juga membuat darah yang dihasilkan dari proses batuk dan muntah itu sendiri berbeda warnanya. Apabila anda perhatikan, maka darah yang keluar dari proses batuk terlebih dahulu, umumnya akan bercampur dengan dahak yang berbusa atau juga berbuih. Selain itu, darah yang keluar juga biasanya menggumpal namun pada proses muntah darah maka umumnya tidak terdapat dahak di darah yang keluar tersebut.

Adapun warna yang berasal dari proses batuk darah yang berasal dari saluran pernfasan yang mana di sepanjang saluran pernafasan tersebut tidak terdapat enzim atau asam sehingga biasanya warna darah yang keluar itu sendiri biasanya merah segar dan juga menggumpal.

Sementara darah yang keluar karena muntah biasanya berwarna merah pekat karena memang bercampur dengan asam yang berasal dari lambung. Namun, pada proses pecahnya pembuluh darah yang ada di kerongkongan maka warnadarah pun tidak sepekat yang berasal dari lambung . Akan tetapi, darah yang berwarna segar jarang terjadi pada proses muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.