Rahasia Sukses Iran Lawan Corona, Inilah yang Mereka Lakukan

Pandemi Corona atau Covid-19 menyebar ke seluruh negara di dunia, salah satunya Iran. Dimana negara tersebut dibuat mati suri karenanya. Saat ini, lebih dari 4.500 warga dunia dilaporkan telah meninggal karena virus ini.

Namun, Negeri Para Mullah ini pun akhirnya mampu membuat sebuah gebrakan yang membuat angka kematian di negara tersebut seperti berhenti. Dimana langkah yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan plasma. Terapi Plasma dilakukan oleh para ilmuwan Iran untuk membantu pemulihan pasien covid-19 seperti dilaporkan oleh Tehran Times.

“Kami memulai terapi plasma sekitar empat puluh hari lalu dan hingga saat ini 300 orang telah mendonorkan plasma darah mereka. Hasilnya adalah penurunan 40 persen jumlah kematian akibat virus corona,” ungkap Dr. Hassan Abolqasemi yang memimpin program penyembuhan melalui metode tersebut.

Hassan pun berujar bahwa hal ini adalah sebuah fakta jika Iran menghadapi wabah virus corona dan tidak ada seorang pun yang siap menanggulanginya.

“Amerika Serikat mulai melakukan terapi plasma tiga minggu setelah kami. Kemudian Prancis, Jerman, Belanda dan beberapa negara Eropa mulai melakukannya dan meminta kami membagikan pengalaman kami,” katanya.

Turki pun menjadi salah satu negara yang mengakui bahwa negara Iran adalah salah satu negara yang sukses menghadapi virus Corona. Meski kenyataannya, Iran adalah salah satu negara yang dihadapkan pada embargo dan sanksi internasional. Namun, negari Para Mullah ini dianggap berhasil dalam menangani virus corona.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menghubungi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Iran Mayor Jenderal Mohammad Baqeri.

Dalam pembicaraan telepon tersebbut, Hulusi menyampaikan ucapan selamatnya kepada Iran karena sukses memerangi Pademi Covid-19. Tidak hanya itu saja, Hulusi juga menyempaikan informasi bahwa penyebaran virus corona di negara Turki, termasuk langkah yang mereka ambil untuk mencegah virus tersebut dan termasuk dalam melibatkan angkatan bersenjata untuk memerangi virus tersebut.

Maka dari itu, Hulusi juga menyerukan adanya pertukaran pengalaman tentang keberhasilan bidang ilmu pengetahuan, keahlian dan pelaksanaan lapangan antara angkatan bersenjata dari kedua negara.

KSAD Iran, Baqeri pun menjelaskan mengenai situasi negara Iran yang juga diserang wabah Corona dan bagaimana cara yang mereka ambil untuk mengatasinya. Dimatanya, Iran memang memang menghadapi sanksi ekonomi dan embargo obat-obatan dari Amerika Serikat justru mampu mencapai sebuah prestasi yang luar biasa dalam menghadapi serangan virus baru tersebut.

Baqeri juga berujar jika kesukesan tersebut tak lain adalah berkat adanya peningkatan kemampuan kapasitas negara mereka dalam bidang kesehatan dan perawatan, dan juga berkat kerja keras dari para tenaga medis dan juga pasukan bersenjata yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.