Lakukan Pencegahan Diare dengan Melakukan Hal Berikut Ini!

Diare menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Karena penyakit yang satu ini hampir pernah diderita oleh setiap orang. Diare merupakan kondisi dimana feses yang keluar saat buang air besar terlalu encer atau berupa lendir, dengan frekuensi waktu yang lebih sering dibandingkan saat normal. Saat diare menyerang, banyak aktivitas yang bisa terbengkalai karenanya. Karena penyakit diare akan menimbulkan gejala, seperti perut kram, mulas, tubuh lemas, serta dehidrasi. Jika diare tidak tertangani dengan baik, pada beberapa kasus bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

cegah diareDiare adalah jenis penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Karena penyakit yang satu ini bisa menular dan beresiko menyebabkan kematian. Adapun penyebab penyakit ini bisa karena berbagai faktor, seperti infeksi virus maupun bakteri, alergi atau intoleransi pada makanan tertentu, efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit usus, lingkungan yang kurang bersih, pola hidup yang tidak sehat, dan masih banyak lagi. Namun pada kebanyakan kasus, diare yang terjadi biasanya akibat seseorang kurang menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan makanan, minuman, maupun lingkungannya.

Agar terhindar dari penyakit diare, ada beberapa pencegahan diare yang bisa dilakukan, simak tips seputar diare di diarepedia.com. Adapun caranya dengan disiplin menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu, perlu juga menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari virus ataupun bakteri penyebab diare. Lebih lengkapnya, Anda bisa melakukan berbagai langkah berikut agar terhindar dari penyakit diare, yaitu:

  • Rajin mencuci tangan.

Cara pencegahan diare yang pertama adalah dengan senantiasa membiasakan diri untuk rajin mencuci tangan. Karena biasanya infeksi virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh terjadi lewat tangan yang kotor. Mencuci tangan bisa dilakukan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas, seperti buang air besar maupun kecil, makan minum, bermain di luar rumah, dll.

  • Minum banyak air putih yang bersih.

Untuk kasus diare yang tidak terlalu parah, biasanya gejala akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun untuk beberapa kasus, diare yang diderita ada yang tidak kunjung sembuh. Hal ini dikarenakan ketika diare mengalami dehidrasi akibat terus-menerus buang air besar yang terlalu cair atau encer.

  • Mengonsumsi makanan yang sudah dimasak dengan sempurna.

Untuk beberapa makanan tertentu, terkadang ada sebagian orang yang lebih suka mengonsumsinya dalam kondisi masih mentah. Padahal makanan yang mentah atau tidak dimasak dengan sempurna sangat beresiko membawa kontaminasi bakteri. Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jenis makanan, seperti daging, telur, dll.

  • Mengonsumsi probiotik.

Makanan maupun suplemen perbiotik juga bisa digunakan untuk mencegah dari penyakit diare. Karena probiotik akan membantu menjaga kesehatan usus agar bisa terhindar dari infeksi. Probiotik bisa ditemukan pada jenis makanan atau minuman yang di fermentasi, seperti tempe, yoghurt, keju, kimchi, miso, dll.

  • Hindari jenis makanan yang bisa memicu penyakit diare.

Ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi akan memicu diare, seperti makanan pedas, makanan berlemak, buah dan sayur yang mengandung gas, minuman berkafein ataupun yang beralkohol, dll.

Itu tadi beberapa cara mencegah penyakit diare menyerang tubuh. Saat menderita diare, segera lakukan upaya penyembuhan agar kondisi tidak semakin parah. Pastikan untuk mencukupi asupan cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Anda juga bisa meredakan diare dengan minum obat Entrostop yang sudah terbukti khasiatnya. Entrostop memiliki kandungan 650 mg attapulgite dan 50 mg pectin di dalamnya. Sehingga sangat ampuh dalam menyerap racun dan bakteri di dalam usus, serta membantu mengurangi jumlah cairan yang dikeluarkan. Entrostop juga akan membantu mengurangi keluhan nyeri perut saat diare menyerang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.